Tutorial Photoshop Efek Lukisan | Membuat Efek Sketsa

  • on Friday, September 3, 2010
  • Assalamualaikum,

    setelah beberapa hari tidak posting (soale g' ada inspirasi) akhirnya dapat juga inspirasi, berawal dari lukisan yang dipajang di rumah, ane coba deh buat tutorialnya meski tidak bagus amat. ya, siapa tahu saja bisa bermanfaat buat teman -teman semua. So, langsung saja ya berikut deskripsinya:

    Source : saya sendiri (ups, ane sensor fotonya aja)
    Software : Adobe Photshop CS3
    Waktu : 1 jam


    Dalam tutorial ini kita akan membuat sketsa atau membuat foto kita tampak seperti lukian jaman dulu alias Tempoe Doeloe (:D), adapun teknik yang digunakan seperti Invert, Blending, dan berbagai efek - efek pada menu adjustment image. berikut tutorialnya :




    1. Open file foto yang hendak diberi efek sketsa atau lukisan.



    2. klik image>adjustment>selective color lalu set poin seperti dibawah (tergantung selera aja).



    3. duplicate, selanjutnya adalah duplikat layer foto kamu (CTR+) lalu klik image>adjustment>desaturate atau untuk lebih mudah tekan CTRL+SHIFT+U pada layer copy tadi.



    4. Invert, duplikat layer copy tadi lalu tekan CTRL+I. kemudian atur blend mode menjadi COLOR DODGE dan set opacity menjadi 41%.





    5. Gaussian blur, berikut adalah tahap utama untuk membuat foto tampak seperti lukisan atau sketsa. klik Filter>Blur>Gaussian Blur lalu set point menjadi 40.

    note:

    +semakin rendah set poinnya maka foto akan terlihat seperti sketsa, dan semakin tinggi set poinnya maka foto akan lebih tampak seperti lukisan.


    +untuk membuat efek sketsa set poin pada opacity menjadi 100% aja.



    6. Curve & Brightness, klik image>adjustment>curve lalu atur kurva seperti pada gambar di bawah. lalu klik image>adjustment>brightness/contrast dan set poin masing-masing menjadi +8 dan +30.






    7. Burn tool, pada tahap ini kita akan memperjelas bagian foto dengan burn tool. kembali ke layer copy lalu pilih burn tool pada toolbox atau dengan menekan "O". burn bagian tertentu pada foto yakni bagian kantung mata, batang hidung, alis, bagian mulut, dan pipi.

    note: burn tool sebenarnya berfungsi sesuai namanya yakni membakar, jadi bagian yang diburn akan tampak gosong/gelap / tampak seperti bayangan.




    8. Gradient & Color balance, tahap ini merupakan finishing touch aja untuk memperkuat hasil akhirnya. langsung aja klik image>adjustment>gradient map lalu atur warna sesuai gambar di bawah. setelah itu klik lagi image>adjustment>color balance lalu set poin sesuai gambar yakni -9, 0, +21.





    Alhamdulillah dah jadi hanya dalam 8 langkah yang mudah dipahami. beikut hasil akhir dalam bentuk lukisan dan sketsa.




    sekian dulu tutorialnya, semoga bermanfaat dan buat teman-teman yang ingin memberi saran untuk tutorial berikutnya silahkan posting pada form komentar di bawah.

    terimakasih dan jangan lupa komentarnya.

    WASSALAM