Tutorial Photoshop Teknik Pencahayaan Foto | Lookandclick

  • on Saturday, August 28, 2010
  • Assalamualaikum,

    Mr.look hadir lagi nih (habis sahur gan....:) bagiin tutorial tentang teknik pencahayaan foto request dari teman kita Santie Faradilla, tidak seperti tutorial - tutorial sebelumnya kali ini Mr.look hanya melakukan 5 langkah dalam pembuatan dan dijamin mudah . woke d langsung aja berikut deskripsinya:

    - Referensi : Photoshop CS2 by jayan
    - Source : dah ada di kompi, lupa dapet dimana . . :D
    - Software : Adobe Photoshop CS3
    - Waktu : 5 menit

    Sebelum tutorialna dimulai, silahkan liat dulu perbandingan antara gambar asli dan yang dah diedit beikut. pada tutorial ini digunakan beberapa teknik dasar seperti Level, Color Balance, Exposure, dan Hue/Ssturation :





    1. langsung aja, bukan foto yang ingin diedit. untuk tutorial ini disarankan memakai foto portrait (muka orang gitu....:D) dan kalau bisa yang beresolusi tinggi (untuk hasil terbaik).



    2. Level, atur levelnya dengan CTRL+L lalu set point 60,1.00, 200.

    Note: level digunakan untuk mengatur pencahayaan pada channel (mengatur RGB, atau tiap channel saja yakni Red, Green, atau Blue). Dengan level ini kita dapat mengatur gelap terangnya suatu objek.



    3. Color balance, selanjutnya atur dengan klik image>adjustment>color balance dan set point CYAN pada -70. liat aja digambar kalau ga' percaya......wkwkwk

    Note: Color balance digunakan untuk mengatur keseimbangan warna gambar, hanya warna saja yang diatur sehingga gelap-terang gambar tidak ikut berubah.



    4. Exposure, klik image>adjustment>exposure lalu atur Exposure hingga +0.50 dan Gamma hingga 0.92.

    Note: Exposure digunakan untuk mengatur cahaya pada gambar dengan mengubah 3 parameternya yakni, exposure, offset, dan gamma correction.



    5. Hue/Saturation, tahap yang terakhir tekan CTRL+U dan atur Hue dan saturationnya masing - masing 4 dan 10.

    Note: Hue/saturation digunakan untuk menyesuaikan warna gambar.



    Alhamdulillah akhirnya selesai juga tutorial teknik pencahayaan foto nya, thanks to Santie Faradilla yang dah request tutorialnya dan buat teman-teman yang punya komentar dan saran untuk tutorial berikutnya silahkan menuju form komentar di bawah . . . . :D

    Wassalam.